KEMAH PKS 2013 #KenaikanTingkat

Posted on Jumat, 17 Mei 2013


KEMAH PKS 2013 : #KemahKenaikanTingkat


Kemah Kenaikan Tingkat ini telah diadakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 4-5 Mei 2013 yang lalu yang berlokasikan di PTP Semugih, Moga. Kemah ini diadakan untuk melakukan ujian atau test bagi kelas 10 untuk naik tingkat ke tingkat selanjutnya, maksudnya adalah kenaikan tingkat ini bagi kelas 10 untuk mendapatkan badge tingkat pertama PKS yaitu Badge Mata Sapi.
Kegiatan kemah ini dilakukan di tempat yang sama dengan kemah PMR SMANSA. Sebelum kemah dilaksanakan tentunya kakak-kakak pengurus PKS secara rutin mempersiapkan segala yang perlu disiapkan seperti mempersiapkan setiap seksi kepanitiaanya.
Upacara Pembukaan (Penyematan Tanda Peserta)


Pada hari Sabtu, tanggal 4 Mei 2013, para siswa kelas 10 berangkat dari sekolah pada pukul 13.00 WIB dan sampai di lokasi perkemahan sekitar pukul 14.30 WIB, dan sesampainya disana, para peserta kemah terlihat semangat walau di lokasi sempat diguyur hujan cukup deras, namun tidak melunturkan semangat para peserta kemah Kenaikan Tingkat PKS 2013.
Bima Trinanda sebagai Perwakilan dari PKS sedang disematkan tanda pesertanya.

Kegiatan kemah diawali dengan Upacara Pembukaan atau Upacara penyematan tanda peserta, yang diikuti oleh PKS dan PMR sekaligus. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat dan membangun tenda sampai waktu maghrib lalu dilanjutkan dengan acara makan malam. Saat acara makan malam, para siswa kelas 10 diminta untuk datang tepat waktu dan berkumpul di pendopo yang disana, kemudian saat makan malam mereka harus menggelangkan karet yang digunakan untuk membungkus makanan mereka di tangan kiri mereka dan menyimpannya sampai dengan esok hari sebagai ‘ticket’ untuk mengambil makan sarapan esok harinya.

Setelah makan malam selesai kegiatan dilanjutkan dengan sarasehan, kegiatan sarasehan diisi dengan acara pengenalan tentang PTP Semugih oleh salah satu pihak dari PTP Semugih Moga, dan berlokasi di Mushola. Kemudian, dilanjutkan dengan ujian tertulis PKS. Kegiatan malam hari tidak hanya itu, setelah sarasehan dan ujian tertulis mereka para siswa kelas 10 melaksanakan upacara api unggun yang dilaksanakan bersama dengan seluruh anggota PKS Kelas 11 dan tentunya Pembina PKS SMA Negeri 1 Pemalang, Bpk. Prihantono. S.pd. Upacara api unggun dilaksanakan sekitar pukul 20.50 WIB, pada waktu itu langit di Semugih sangat cerah.
Acara yang ditunggu-tunggu pada malam hari adalah Pentas Seni, pentas seni diadakan bersama pada satu tempat dengan PMR, jadi keceriaan Pentas Seni dapat dirasakan dan dibagikan antar kedua Ekskul tersebut. Pentas Seni berjalan lancar dan seru, penampil yakni para siswa kelas 10 baik PKS maupun PMR sama-sama semangat dalam menampilkan pentas seni mereka. Pentas seni yang ditampilkan pun cukup beragam, yakni ada yang menampilkan menyanyi akustik,  membaca puisi, menari ataupun melawak, secara keseluruhan para peserta dan panitia kemah PKS dan PMR menikmati pentas seninya.
Salah satu Kelompok PKS

Pentas seni diadakan sekitar pukul 21.30 s/d 22.45 WIB setelah semua selesai, para peserta kemah PKS melanjutkan untuk istirahat malam hari.
Keesokan harinya, kegiatan dimulai dengan sarapan pagi bersama, seperti yang sudah ditentukan malam sebelumnya, para siswa kelas 10 harus menunjukkan karet gelang untuk mengambil sarapan pagi mereka, hal tersebut ditujukan untuk melatih tanggung jawab mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka. Setelah sarapan pagi, panitia kemah PKS bersiap untuk menuju lokasi hiking utama, acara hiking dilaksanakan setelah sarapan pagi.
Hiking Utama dimulai pada pukul 08.00 WIB, hiking utam terdapat Sepuluh pos yaitu Pos pemberangkatan, menyusun kalimat, pecah telor, foto kakak kelas, nasionalisme, sungai, problem solving, arti badge mata sapi, evaluasi dan pemberhentian, kegiatan hiking utama ini para peserta kemah PKS dibagi menjadi banyak kelompok yang pemberangkatannya bergantian. Pada setiap kelompok memiliki password kelompok yang didapat dari Pos Menyusun Kalimat, dan password tersebut harus diucapkan apabila akan melaksanakan tugas pada setiap pos yang dikunjungi, dan selain password, setiap kelompok harus memiliki yel-yel sebagai penyemangat dalam perjalanan.
Hiking berakhir sekitar pukul 13.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan bersih diri dan makan siang, kemudian pembongkaran tenda lalu yang terakhir adalah Upacara Pelepasan tanda peserta yang diikuti oleh peserta kemah PKS dan PMR. Setelah semua sudah selesai, seluruh panitia dan peserta pun kembali ke sekolah, walau terjadi keterlambatan waktu pulang karena suatu hal dan disana sempat diguyur hujan yang cukup deras.






 


  Saat Pentas Seni, para peserta Kemah PKS sangat ceria



Beberapa kakak-kakak Purna PKS yang datang di kegiatan Kemah

Saat sarapan pagi

 Saat melaksanakan hiking utama







Tidak ada komentar:

Posting Komentar