Kegiatan PKS Semester I #Latepos

Posted on Senin, 19 Januari 2015



Hastya Prasetya PKS
Kami anggota PKS :
1.    Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
2.   Mengabdi kepada Negara dan Pancasila.
3.   Membela kebenaran dan keadilan.
4.   Menjunjung nama baik sekolah dan PKS.
5.   Bergerak, bertindak yang disiplin, tegas dan bertanggung jawab.
6.   Cepat dan tepat dalam mengambil keputusan.
7.   Menjaga moralitas sesama anggota.
8.   Siap menempatkan diri dalam masyarakat.


Apakah Manfaat Menjadi Anggota PKS?
1.    Sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan lalu lintas sedini mungkin kepada para remaja umumnya dan pelajar pada khususnya, sehingga kelak dikemudian hari akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun lalu lintas, selanjutnya mengamalkan serta melaksanakan sebagai pamakai jalan yang baik.
2.   Belajar kepemimpinan, masyarakat yang baik adalah masyarakat yang anggotanya terdiri dari manusia-manusia yang memiliki tanggung jawab sosial serta kecerdasan dalam membina keutuhan sesama.
3.    Belajar berorganisasi dan bersosialisasi.





Foto tersebut ketika anggota PKS kelas X sedang melakukan praktik materi Drilturlantas dari gerakan awal sampai akhir yang diperagakan di foto tersebut adalah gerakan drilturlantas ke satu yaitu stop semua jurusan, dan kedua yaitu stop satu jurusan tertentu.








Foto diatas menggambarkan suasana ketika anggota PKS kelas X dan kelas XI sedang sharing, foto ini diambil ketika sebelum pelantikan pengurus PKS masa bhakti 2014/2015.
Selain drilturlantas dan sharing materi yang diberikan pengurus PKS masa bhakti 2014/2015 selama satu semester ini adalah Senam Seri A, PBB (Peraturan Baris Berbaris) dari dasar sampai jalan, dan terdapat materi baru yaitu bela diri, bela diri ini baru diadakan tahun ini.




Pada hari kamis tanggal 06 November 2014 Ekstrakulikuler PKS juga mengadakan Operasi Simpatik dimana disini anggota PKS dan dari pihak satlantas berkerja sama untuk dalam rangka pengecekan kelengkapan motor siswa di SMA N 1 Pemalang, apabila kelengkapan motor tersebut lengkap maka motor tersebut akan diberi stiker keselamatan.
Maksud dan Tujuan PKS
1.     Maksud sebagai wujud terhadap pendidikan dan kemanusiaan. Sebagai wujud POLRI mewujudkan pembinaan dikalangan pelajar
2.     Tujuan agar para pelajar memeahai, mengerti yenang keselamatan dan keamanan dilingkungan diri sendiri maupun dilingkungan sekolah dalam proses belajar mengajar.

TIGA SIKAP UTAMA SEORANG PRAJA PKS
1.      Sikap Duduk
a.       Duduk tegap, perhatian satu arah.
b.      Apabila ada yang sedang berbicara, wajib diperhatikan (Dilarang berbisik-bisik atau tengak-tengok, apalagi mengobrol)
c.       Dilarang keras jongkok.
d.      Untuk putra tumit kaki rapat, dan putri disilangkan.
2.      Sikap Berdiri
a.       Tegak dalam sikap sempurna.
b.      Tangan dilarang keras masuk saku.
c.       Apabila sedang berbicara, tangan kiri dalam keadaan sikap istirahat dan tangan kanan bebas bergerak.
3.      Sikap Berjalan
a.       Pandangan lurus kedepan.
b.      Tangan tidak terlalu dilenggangkan.
c.       Apabila melewati kerumunan, ucapkan salam.
d.      Dilarang keras makan/minum sambil berjalan.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar